Cara Melindungi Rambut dari Kerusakan Akibat Klorin saat Berenang

Berenang menjadi salah satu aktivitas yang paling digemari oleh banyak orang, namun, aktivitas ini dapat mengakibatkan rambut menjadi kering dan rusak, bahkan mengubah warna rambut akibat dari paparan bahan kimia aktif seperti klorin. Oleh karena itu, kita perlu menjaga Kesehatan rambut dari dampak buruk klorin saat berenang

Berikut tips untuk melindungi rambutmu dari kerusakan akibat klorin saat berenang

  1. Gunakan sampo penghilang klorin

Bilas rambut menggunakan sampo yang diformulasikan khusus untuk menghilangkan klorin yang menempel pada batang rambut. Sampo ini membantu untuk mencegah perubahan pada warna rambut, sehingga efeknya dapat menetralkan Kembali rambut setelah berenang. Kamu dapat menggunakan kondisioner agar rambut semakin terhindar dari zat yang dapat membuat rambut rusak

  1. Pakai hair serum/ vitamin rambut untuk berenang

Tips selanjutnya untuk melindungi rambut dari dampak klorin adalah menggunakan hair serum atau vitamin rambut agar rambut mendapatkan nutrisi ekstra. Penggunaan hair serum ini adalah untuk melembabkan rambut agar tidak mengalami kekeringan berlebih. Venon Hair Treatment Coat (HTC) merupakan salah satu produk yang dapat digunakan untuk berenang, baik sebelum atau sesudah berenang. Venon de artistic HTC adalah cairan yang mengandung vitamin untuk rambut kering yang dapat membantu melindungi kutikula rambut dari bahan- bahan aktif yang ada pada air kolam renang, sehingga rambut tidak mengalami kerusakan yang parah.  Serum rambut venon ini, memiliki kandungan coat yang tinggi disertai multi-vitamin A, E, C yang dapat membantu menghambat penuaan dini pada batang rambut yang disebabkan oleh klorin dan bahan kimia lainnya.

Cara memakai serum rambut HTC ini adalah tuang venon secukupnya pada telapak tangan, lalu usap ke batang rambut, dari pangkal sampai ujung rambut pada kondisi rambut setengah basah atau kering.

Baca Juga: Mengembalikan Kesehatan Rambut dengan Hair Treatment Coat New Sansation

  1. Pakai topi pelindung

Menggunakan topi renang silicon dapat membantu meminimalisir jumlah garam atau klorin yang terserah oleh rambut, sehingga kontak air dengan rambut terbatas. Bahan silicon dapat emnahan air secara lebih baik dibanding karet, karena silicon biasanya lebih tebal dan bisa menutup rambut dengan rapat. Penggunaan topi juga dapat melindungi rambut dari paparan sinar matahari

  1. Segeralah mencuci rambut setelah berenang

Disarankan untuk segera membilas rambut jika kegiatan berenang sudah selesai. Karena membilas rambut hingga bersih dengan air biasa, akan membantu menghilangkan sisa-sisa klorin pada rambut yang mungkin mengendap di kulit kepala. Membilas rambut dengan cepat hanya dengan air tanpa sampo lebih baik karena mencegah bahan kimia meresap ke folikel rambut.

  1. Mengikat rambut menjadi sanggul atau kepang

Membuat sanggul atau kepang akan membantu meminimalisir rambut terkena klorin, karena meman bisa mencegah kekusutan pada rambut dan lebih rentan basah terkena air.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk melindungi rambutmu. Sehingga, kamu tidak perlu takut rambutmu rusak akibat keseringan berenang.

SHARE

Tag