4 Tips dan Trik Mengurangi Rambut Bercabang Secara Efektif

Rambut bercabang menjadi salah satu masalah rambut yang harus segera diatasi dengan tepat. Karena biasanya rambut bercabang akan menimbulkan masalah lain, jika tidak ditangani secepatnya. Seperti yang diketahui bahwa rambut terdiri dari tiga lapisan yaitu medula, korteks dan kutikula. Kutikula sendiri merupakan lapisan terluar rambut, lapisan ini yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam rambut karena bagan tersebut lebih rentan mengalami kerusakan. Rusaknya kutikula rambut dapat menyebabkan rambut rusak, kering, mudah patah dan bercabang.

Berikut Tips dan Trik Mengurangi Rambut Bercabang Secara Efektif

  1. Rutin memotong ujung rambut

Cara ini merupakan cara termudah untuk membantu mengatasi masalah rambut bercabang. Kamu bisa menggunting ujung rambut setiap 6-8 minggu sekali untuk mengurangi kerusakan. Karena ujung rambut yang bercabang tidak akan bisa kembali normal seperti semula, oleh karena itu memotong menjadi cara efektif.

  1. Mengurangi penggunaan alat penataan

Alat penata rambut seperti catokan dan pengeriting rambut memang dapat membuat rambut tampak lebih rapi dan indah, tetapi jika kamu memiliki rambut bercabang, baiknya untik tidak mengunakan alat penata rambut. Karena panas yang dihasilkan oleh alat penata rambut dapat mengubah struktur protein rambut dan membuatnya menjadi lebih kering, yang pada akhirnya akan menyebabkan lebih banyak rambut bercabang. Namun, untuk melindungi rambut dari panas ekstrim, gunakan serum rambut atau produk pelindung rambut sebelum kamu menggunakan alat penata rambut.

Salah satu rekomendasi serum untuk smoothing yang dapat melindungi rambut terutama rambut bercabang dari panas alat penataan adalah venon Hair Serum SPA With Energizing. Dengan kandungan multivitamin new improved formula salah satunya vitamin e untuk rambut berguna untuk menjaga rambut tetap dan kuat. Serum rambut venon ini telah  menjadi pilihan tepat sebagai serum untuk rambut bercabang, dengan cara kerja menggantikan kualitas rambut yang rusak akibat panas dengan menumbuhkan rambut baru.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Bercabang dengan Hair Serum SPA

  1. Menggunakan kondisioner

Usahakan setelah keramas, gunakan kondisioner karena produk tersebut bisa memberikan nutrisi ekstrak untuk melembabkan rambut. Pengguna kondisioner yang tepat dengan jenis rambut akan mengurangi rambut yang bercabang. Bahkan, kondisioner dapat membantu memperkuat folikel atau akar rambut untuk mencegah rambut rusak. Gunakan deep conditioner jika memiliki rambut kering dan rusak karena deep conditioner menawarkan lebih banyak kelembapan dibandingkan kondisioner biasa.

  1. Sisir rambut secara perlahan

Menyisir rambut dengan kasar akan menyebabkan rambut mudah patah dan bercabang. Karena gesekan dari sisir dengan rambut dapat membuat kutikula retak dan terbuka. Sisirlah rambut secara perlahan dari bagian bawah yang biasanya kusut. Cara ini menjadi cara efektif untuk membantu rambut agar tidak mudah rontok dan rusak. Dianjurkan juga tidak menyisir rambut dalam keadaan rambut basah karena rambut basah dalam kondisi rapuh dan mudah patah. Itulah tips dan trik efektif untuk mengurangi rambut bercabang yang dapat kamu terapkan dengan mudah dirumah.

SHARE

Tag