Langkah Merawat Rambut yang Mudah Bisa Anda Lakukan di Rumah

Memelihara kesehatan rambut adalah hal yang penting untuk dilakukan. Beberapa orang sering menyepelekan dalam menjaga kesehatan rambut karena terlihat tidak sepenting Kesehatan tubuh. Padahal, jika tidak merawat rambut akan timbul berbagai masalah kerusakan maka dibutuhkan Langkah-langkah yang tepat.

Berikut Beberapa Langkah Merawat Rambut yang mudah Bisa Dilakukan di Rumah:

  1. Cuci rambut menggunakan shampo sesuai jenis rambut

Mencuci rambut dengan shampo dua hari sekali dengan menggunakan shampo yang tidak mengandung sulfat dan paraben yaitu shampoo yang menghasilkan busa dan zat pengawet yang dapat menyebabkan iritasi pada mata. Gunakanlah shampoo dengan kandungan alami, serta pilihlah shampoo sesuai jenis rambut dan cocok.

  • Rambut ikal kasar memerlukan shampoo yang dapat melembutkan rambut.
  • Rambut lurus berminyak memerlukan shampoo yang memerlukan sensasi yang lembut untuk keramas sehari-hari.
  • Rambut yang diwarnai memerlukan shampoo dengan kandungan asam ekstrak atau asam amino untuk mencegah kerusakan pada rambut akibat pewarna rambut.
  • Rambut kering memerlukan shampoo dengan kandungan gliserin dan kolagen yang dapat meberikan kelembapan pada rambut.
  1. Gunakan kondisioner yang sesuai

Lakukan deep condition seminggu sekali berdasarkan jenis rambut

  • Rambut tipis gunakan perawatan rambut dengan minyak tumbuhan sebelum menggunakan shampo seprti, lavender oil atau tea tree oil bubuhkan dibawah kutikula rambut sebelum dicuci dengan shampoo, bilas dan gunakan kondisioner dari Tengah hingga ujung rambut. diamkan selama satu menit sebelum dibilas Kembali.
  • Rambut medium hingga tebal gunakan pelembab dengan kandungan air alami. Gunakan sedikit kondisioner keseluruh rambut dan diamkan dua hingga tiga menit.
  1. Gunakan serum rambut yang tepat

Serum rambut berfungsi membantu rambut mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menjaga Kesehatan rambut. Hair Treatment Solution memiliki produk Vitaserum yaitu serum rambut yang paling bagus untuk rambut kering akibat bahan kimia dan panas dari alat penataan, sehingga dapat membantu menjaga Kesehatan rambut secara menyuluruh. Dengan kandungan vitamin fusion salah satunya vitamin e untuk rambut yang berperan sebagai anti oksidan membantu menghambat penuaan dini yang dapat menimbulkan beragam masalah rambut. Vitaserum ini juga mengandung vitamin a yang menjadi vitamin akar rambut karena dapat mengurangi kerontokan dan membantu pertumbuhan rambut agar lebih kuat dan tebal.

  1. Biarkan rambut mengering alami

Keringkan rambut dengan handuk khusus rambut berbahan. Hindari menyisir saat rambut dalam keadaan basah, karena rambut masih dalam kondisi rapuh dan lemah. Gunakan sisir bergigi lebar untuk mengurai kekusutan rambut. Usahakan untuk tidak mengeringkan rambut menggunakan hair dryer karena rambut mudah rusak akibat panas, jika harus menggunakan pengering rambut keringkan dengan suhu rendah dan batasi penggunaannya.

  1. Tatalah rambut secara alami

Penataan rambut yang dilakukan secara alami tidak akan terlalu merusak rambut, namun penataan yang dilakukan berulang-ulang akan menimbulkan masalah serius pada rambut. Hindarilah proses perming (keriting permanen), crimping (keriting papan), pelurusan, bleaching (pemutihan pigmen rambut), atau pewarnaan rambut yang gonta-ganti. Cobalah tata rambut dengan cara kuncir ekor kuda atau cepol sederhana agar terlihat lebih rapih atau cukup menggerai rambut dan menggunakan bando.

Baca Juga: Kegunaan Vitaserum untuk Rambut Wanita

  1. Konsumsi makanan sehat dan vitamin

Pastikan kamu memperoleh asupan yang cukup berupa vitamin C yang dapat memperkuat rambut, zat besi untuk membantu membawa oksigen ke pembuluh darah, seng untuk memelihara dan memperbaiki jaringan, dan asam lemak omega-3 yang bisa membantu memelihara rambut agar tetap sehat.

  1. Hilangkan stress

Stress dapat membuat rambut rapuh, baik secara fisik ataupun mental. Karena stress dapat membuat rambut menjadi mudah rontok. Jangan biarkan stress menguasai pikiran dan badan. Solusi emosional yang sehat yaitu dapat dengan melakukan yoga, bersepeda, meditasi, atau Latihan olahraga lainnya.

Nah, itulah beberapa Langkah mudah dalam merawat rambut yang tentunya bisa kamu terapkan di rumah. Dengan menerapkan hal tersebut kamu akan mendapatkan rambut sehat, tanpa harus datang ke salon dan mengeluarkan biaya mahal.

SHARE

Tag