Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak bagi Pengguna Hijab

Rambut yang tertutup hijab cenderung lebih mudah lepek dan berminyak. Berdasarkan survey Ipsos pada tahun 2018, suhu kulit kepala Wanita berhijab di Indonesia lebih panas 0,5 derajat celcius dibanding Wanita yang tidak berhijab. Kadar PH kulit kepala hijabers Indonesia juga lebih rendah 20RH, sehingga kulit kepala menjadi mudah berkeringat. Lalu, apa yang dapat dilakukan hijabers untuk mengatasi rambut agar tidak lepek dan berminyak?

Berikut tips mengatasi rambut lepek dan berminyak bagi pengguna hijab

  1. Pilih Bahan Hijab yang Sesuai

Kalau aktivitasmu didominasi dengan kegiatan diluar ruangan, pastikan kamu harus memilih bahan hijab yang adem dan dapat menyerap keringat saat digunakan, contohnya hijab dengan bahan katun. Sehingga, rambut tidak mudah lepek dan lembab akibat berkeringat.

  1. Keramas Secara Teratur dengan Sampo Khusus

Untuk menghindari masalah seperti rambut lepek, berminyak, ketombe dan bau apek, keramas secara teratur sangat penting untuk menjaga rambut berhijab tetap bersih dari minyak dan keringat.

Keramas harus disesuaikan dengan jenis rambut Anda, tetapi jika Anda sering berada di luar rumah, tidak ada salahnya keramas setiap hari dengan sampo khusus hijab.
Sampo khusus hijab terbuat dari bahan halal dan aman digunakan oleh wanita berhijab setiap hari. Jangan lupa menggunakan kondisioner untuk menjaga rambut tetap sehat.

  1. Menggunakan Hijab saat Rambut Basah

Menggunakan hijab saat rambut dalam keadaan setengah basah dapat menyebabkan lepek dan bau apek. Oleh karna itu, sebelum menggunakan hijab pastikan rambut mu kering sempurna. Kamu bisa menggunakan hair dryer jika sedang buru-buru, asalkan rambut terlapisi vitamin atau serum rambut terlebih dahulu.

Vitaserum Silky Shine dikenal sebagai venon vitamin rambut yang berfungsi sebagai vitamin rambut buat catok yang diformulasikan merawat rambut agar tidak rusak akibat panasnya hair dryer. Dengan kandungan vitamin E untuk rambut disertai dengan vitamin A dan C yang sangat dibutuhkan untuk Kesehatan rambut, ketiga vitamin diatas berperan aktif sebagai anti oksidan, untuk menghambat efek penuaan dini pada rambut yang menjadi sumber masalah seperti kering, berminyak, kusut dan lepek.

Cara memakai serum rambut ini juga mudah. Sebelumnya pastikan kondisi rambut telah bersih, gunakan secukupnya Vitaserum dibatang rambut, dari pangkal hingga ujung rambut saat kondisi rambut setengah basah, maupun kering. Penggunaan vitaserum ini, sesaat sebelum memulai aktivitas catok/hair dryer.

Tenang saja, vitaserum ini cepat diserap oleh rambut, jadi untuk wanita berhijab, serum ini tidak akan menyebabkan rambutmu lepek dan berminyak saat menggunakannya.

Baca Juga: Kegunaan Vitaserum untuk Rambut Wanita

  1. Tidak Mengikat Rambut terlalu Kencang

Baiknya tidak mengikat rambut terlalu kencang, karena hal tersebut akan memicu kerontokan pada rambut. Gunakan ikat rambut yang memiliki bahan halus dan ikatlah rambut dengan nyaman, tidak terlalu kencang dan tidak terlalu longgar alias secukupnya. Saat dirumah, baiknya gerai rambutmu karena rambut juga perlu bernapas agar rambut tidak stres

  1. Rajin mengganti Hijab

Menjaga kebersihan hijab juga sangat penting. Pemakaian hijab yang berulang kali menyebabkan rambut ikut kotor, lepek dan bau, karena menyisakan kotoran, minyak dan keringat yang rentan menjadi kuman dan bakteri. Cucilah hijab secara teratur dan ganti segera jika penggunaan sudah 2-3 kali.

Itulah tips yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi dan mencegah rambut lepek dan berminyak bagi wanita berhijab. Sehingga, rambut tetap wangi dan sehat walaupun tertutup hijab seharian.

SHARE

Tag